Sistem Penulisan dalam Bahasa Jepang

Sistem Penulisan dalam Bahasa Jepang
Sistem Penulisan dalam Bahasa Jepang

Konnichiwa Mina-san ^_^ Ahsan desu
Kesempatan yang indah ini, saya akan share tentang Sistem Penulisan dalam Bahasa Jepang, semoga membuat Anda mengerti tentang hal ini hehe


Dalam bahasa Jepang, sistem penulisan nya menggunakan 3 Jenis karakter / huruf yaitu Hiragana, Katakana dan Kanji.

Ketiga huruf tersebut memiliki atauran penulisan yang berbeda beda, hal ini akan kita bahas pada artikel selanjutnya ๐Ÿ˜€ kali ini kita belajar santai saja tentang sejarah dan penggunaan/ penerapanya.

Sejaran Singkat Sistem Penulisan Bahasa Jepang

Pada zaman dahulu orang Jepang sudah memiliki sistem bahasa sendiri, namun masih belum memiliki huruf untuk penulisan nya.

Mulailah proses Import Kanji dari China ke Jepang, proses ini tidah terjadi dalam waktu singkat namun sangat panjang bahkan berpuluh puluh tahun lamanya, sehingga banyak sekali kanji yang telah muncul, ada yang masih bertahan hingga sekarang dan juga banyak yang telah menghilang seiring berjalan nya waktu.

Karena lidah orang China dan orang Jepang berbeda, maka orang jepang sulit untuk meniru lafal orang china, akhirnya ada yang namanya On-yomi (cara baca China) dan Kun-yomi (cara baca Jepang).

Pada On-yomi orang Jepang tidak menirunya secara tepat karena lidah orang Jepang tidak seperti orang china, misalnya saja Kanji air :
ๆฐด
Dalam ejaan asli China adalah Shui, namun orang Jepang menyebutnya Sui dalam On-yomi dan dalam Kun-yomi adalah Mizu.

Setelah import huruf kanji, akhirnya orang Jepang menciptakan huruf Kana yaitu Hiragana dan Katakana yang merupakan hasil penyederhanaan dari huruf kanji.

Penggunaan Hiragana

Hiragana (ๅนณไปฎๅ) adalah huruf yang digunakan untuk menuliskan kosa kata asli Jepang yang sulit untuk ditulis dengan Kanji misalnya ใ‚ใ‚ŠใŒใจใ† Arigatou yang berarti Terima Kasih, Hiragana juga digunakan untuk menuliskan partikel seperti ใฏ Wa juga ใงใ™ Desu, yang telah kita bahas pada artikel sebelumnya.

Selain itu Hiragana juga digunakan untuk huruf Furigana (ๆŒฏใ‚Šไปฎๅ) atau yang mendampingi Kanji, itu loh yang biasanya ditulis kecil kecil daiatas huruf Kanji, sebagai tanda baca bagi yang belum hafal banyak Kanji, ini contohnya :

Penggunaan Kanji, Hiragana dan Furigana
Penggunaan Kanji, Hiragana dan Furigana

Zaman dahulu sebelum perang dunia kedua, Hiragana hanya digunakan oleh kaum wanita saja ๐Ÿ˜€ sekarang mah sudah digunakan oleh umum hehe.

Penggunaan Katakana

Katakana (็‰‡ไปฎๅ) adalah huruf yang digunakan untuk menuliskan kata serapan asing yang digunakan oleh orang Jepang, digunakan juga untuk menyebut nama orang luar Jepang, nama kota di luar Jepang dan digunakan dalam Onomatope (Kata tiruan bunyi) ๐Ÿ˜€ misalnya :

  • Nama saya yaitu Ahsan maka ditulis dengan Katakana ใ‚ขใƒผใ‚ตใƒณ
  • Nama kota Bojonegoro menjadi ใƒœใ‚ธใƒงใƒใ‚ดใƒญ
  • Pesta bahasa Jepangnya adalah Paatii yang merupakan serapan dari bahasa inggris Party jadi ditulis dengan Katakana ใƒ‘ใƒผใƒใ‚ฃใƒผ
  • Juga onomatope dari Doki doki yang artinya Jantung berdebar, ใƒ‰ใ‚ญใƒ‰ใ‚ญ

Baca Juga : Terima Kasih dalam Bahasa Jepang

Jadi seperti itulah penjelasan secara singkat tentang Sistem Penulisan dalam Bahasa Jepang semoga bahasa yang saya gunakan tidak membingungkan Anda ya ๐Ÿ˜€ semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel Bahasa Jepang Asik Selanjutnya ya ^_^

Jika ada yang ditanyakan tentang artikel yang sedang kita bahas kali ini, langsung saja tanyakan di kolom komentar dibawah ya ๐Ÿ˜€ โ‡Š

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *